Hujan-hujan Enaknya Ngebakso, Ini 5 Bakso Unik Patut Dicoba

KOMPAS.com – Saat hujan turun, hangatkan badan dengan semangkuk bakso. Ada banyak pilihan bakso yang dijual di berbagai warung dan kedai di seluruh Indonesia. Berikut 5 bakso unik pilihan KompasTravel:

Bakso Krikil

Bakso di warung Pak Bowo ini dinamakan bakso krikil karena bakso yang dijual ukurannya kecil-kecil menyerupai krikil. Jika pengunjung memesan seporsi bakso krikil, akan mendapati semangkuk bakso berisikan 18 butir bakso, daun seledri, tahu, bawang goreng, kemudian disiram dengan kuah.

Hharganya pun hanya Rp 3.000. Bakso Krikil dijual di warung bakso Pak Bowo yang berada di Dusun Mejingkidul, Desa Ambarketawang, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman.

Karena harganya yang murah dan rasanya yang mantap, meski berada di tengah perkampungan warung bakso ini selalu ramai pengunjung. Selengkapnya di artikel “Ngebakso Murah Hanya Rp 3.000? Coba Cicipi Bakso Krikil“.

Bakso Kabut

Bakso pada umumnya berisi daging dan telur. Namun Bakso Kabut milik Juhairiyah berbeda. Justru campuran telur tersebut berada di luar kulit bakso dan di dalamnya diisi daging sapi. Sehingga tampilan dan rasanya pun berbeda.

Warung ini berada di Jalan Rasamala Desa Kemuning Lor, Kecamatan Arjasa, Jember. Mendengar nama Bakso Kabut saja pasti agak aneh. Nama itu sebenarnya merupakan hasil kreasi Juhairiyah, sang pemilik warung. Selengkapnya di artikel “Bakso Kabut, Kuliner Unik dari Jember”.

Bakso Sambal Rujak

Ada yang berbeda di Bakso Bogie Caffe and Resto yang berlokasi di Jalan Pajajaran Nomor 78K, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor. Sajian bakso di sini disajikan dengan sambal rujak. Manajer Bogie Caffe And Resto, M Rian Ali Akbar, mengatakan bahwa sajian bakso yang disajikan memang memiliki rasa yang beda.

Selain menggunakan sambal rujak, bakso tersebut juga disajikan dengan sayuran kangkung. Ada sensasi yang berbeda saat mengunyah kangkungnya. Lalu, hal yang unik lainnya mi diganti dengan spaghetti. Selengkapnya di artikel “Unik, Bakso Disajikan dengan Sambal Rujak dan Spageti”.

Bakso 4 Rasa

Bakso 4 Rasa Cak Argo di Lingkungan III Wonasa Tengah, Kelurahan Ternate Baru, Kecamatan Singkil, Manado, menyediakan bakso dengan empat rasa.

Setiap bakso dari empat rasa ini, pada tengah baksonya berisi bahan asli dari keempat rasa itu. Misalnya bakso durian, pada bagian tengah diisi durian, begitu juga untuk cokelat, dan keju.

Sedangkan untuk bakso polote, atau dalam bahasa yang baik, bakso meledak. Pasalnya, pada bagian tengah bakso ini berisi cabai. Selengkapnya di artikel “Bakso 4 Rasa Cak Argo, Silakan Coba Rasa Durian atau Cokelat”.

Bakso Klenger

Di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tepatnya Jalan Wahid Hasim Nomor 296, Nologaten, Kabupaten Sleman, terdapat warung bakso yang berbeda dengan lainnya. Setiap orang yang datang akan terbelalak melihat ukuran bakso yang disajikan.

Bakso Klenger Dasyat ukurannya 1000 gram (1 kilogram) dan dibandrol dengan harga Rp 75.000. Tak cukup sampai disitu, Warung “Bakso Klenger” juga memberikan menu ekstra yakni bakso ukuran 2 kilogram sampai dengan ukuran 5 kilogram. Selengkapnya di “Siap-siap Klenger Makan Bakso Ukuran 5 Kilogram”.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/11/13/210000227/hujan-hujan.enaknya.ngebakso.ini.5.bakso.unik.patut.dicoba

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *